Batman Begins - Help Select Jhunizto: Modem

Kamis, 14 Agustus 2014

Modem

Modem merupakan alat yang menghubungkan komputer Anda dengan saluran telepon dan internet. Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Modem berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah kembali sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital. Bagaimana peoses pengiriman data tersebut ? Ketika komputer Anda mengirim data digital ke internet, modem akan mengubah sinyal digital tersebut menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Ketika data ada pada penerima, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital yang dapat dibaca oleh komputer.
Dengan demikian modem membuat komputer dapat berkomunikasi melalui kabel telepon. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps)/bit perdetik.
Ada dua jenis modem yang terdapat di pasaran: modem internal dan eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasang langsung di mainboard komputer, sedangkan modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer dengan mengunakan kabel. Silakan periksa modem komputer yang ada di sekolahmu atau komputer yang ada di rumahmu. Apa keuntungan kedua jenis modem tersebut? Keuntungan modem internal harganya lebih murah, namun memiliki kelemahan antara lain pemasangannya yang lebih sulit, dan pengguna-annya tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain (harus membuka casing CPU). Keuntungan modem eksternal pemasangannya lebih mudah, dan dapat dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain dengan mudah (tanpa membuka casing CPU), namun harganya relatif lebih mahal. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar