Batman Begins - Help Select Jhunizto: Jaringan WiFi

Kamis, 14 Agustus 2014

Jaringan WiFi

Pernahkan Anda melihat sambungan komunikasi tanpa kabel? Teknologi itu dikenal dengan Wirelless Fidelity (WiFi). Teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi berada pada spektrum 2,4 GHz. Anda dapat terhubung ke internet dengan WiFi menggunakan sebuah notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi (WiFi card). Namun jika notebook yang Anda gunakan menggunakan processor yang dilengkapi teknologi mobile, maka kartu WiFi tidak diperlukan. Dengan  menggunakan  WiFi, Anda dapat mengakses internet dengan  kecepatan    hingga  11Mbps.  Dengan  WiFi Anda tidak  membutuhkan  kabel  untuk  terhubung  ke  jaringan,  namun Anda harus berada  pada  daerah  yang  mempunyai  sinyal  WiFi.  Daerah  yang mendapat sinyal  WiFi  kurang  lebih  daerah  yang  berada  pada radius 100 meter dari itik akses atau hotspot. 
Ada tiga komponen dalam sebuah lokasi hotspot sebagai berikut.
(1) Access  Point (titik/pusat akses)  yaitu  perangkat  yang  menghubungkan teknologi wireless LAN dengan ethernet yang terdapat di komputer. Titik akses memiliki  kemampuan untuk melayani pengguna hingga 128 point. Luas  daerah  yang  dijangkau  oleh  sebuah  titik akses  mencapai  25-100
meter.
(2) Access controller (pengendali akses)  yaitu  perangkat  yang  berfungsi sebagai  alat autentifikasi yang  mengecek  apakah  seorang  pengguna mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
(3) Internet Link yaitu perangkat yang menghubukan lokasi hotspot dengan internet. Internet Link mempunyai  kemampuan  koneksi  ini  digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi. Di samping  keunggulan WiFi coba Anda pikirkan  kelemahannya? 
Kelemahan akses internet dengan WiFi antara lain jarak titik akses dengan point atau komputer Anda hanya berada pada daerah sejauh 100 meter, dan sampai saat ini,  masih terbatas pada tempat-tempat yang dipasang titik akses. Tempattempat  tersebut  biasanya  tempat  umum  seperti  kampus,  hotel,  kafe, dan bandara.


Teknologi WiFi memungkinkan Anda mengakses internet dengan kecepatan yang tinggi, namun persyaratannya. Anda harus berada pada daerah yang mempunyai sinyal WiFi. Terbatasnya  daerah  sinyal WiFi dan jarak jangkauan yang sangat pendek (sekitar 100 m) menyebabkan Anda hanya dapat menggunakan WiFi di daerah-daerah tertentu saja. Saat ini dikembangkan sebuah teknologi  nirkabel  baru yang disebut dengan Wireless Broadband (WiBro).  Namun  teknologi  ini  masih  dalam tahap pengembangan dan belum dipasarkan. Dibanding dengan WiFi, WiBro dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik aksesnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses WiBro juga masih dapat dilakukan dari kendaran yang bergerak dengan kecepatan sampai 60km/jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar