Batman Begins - Help Select Jhunizto: Komponen Penyusun Internet

Kamis, 14 Agustus 2014

Komponen Penyusun Internet

World Wide Web
World  Wide  Web  yang  disingkat  WWW adalah  system  server internet  yang  mendukung  aplikasi hypertex untuk  mengakses  beberapa protocol  internet  antarmuka.  Hampir  semua  protocol yang  ada  di  internet dapat diakses melalui Web. Termasuk email, FTP, Telnet, dan Usenet News.

Email
Surat Elektronik, atau email, adalah layanan yang memudahkan user komputer  baik  lokal  maupun  non lokal  untuk  saling  bertukar  pesan. Tiap user  email  mempunyai kotak  surat  (mailbox)  yang  digunakan  untuk menyimpan  email  yang  ditujukan  ke  user  tersebut.  Pesan  yang  dikirim melalui email dapat diterima dalam hitungan detik.

Telnet
Telnet adalah suatu program untuk login ke komputer lain di internet sehingga dapatmengakses database online, katalog perpustakaan, layanan chatting, dan banyak lagi. Untuk telnet ke komputer lain, perlu diketahui alamat komputer tersebut.  Alamat  ini  berupa  kata  (misal  :  mail.uns.ac.id)  atau  berupa  angka (202.158.48.243)

FTP (File Transfer Protocol )
FTP  adalah  program  dan  metode yang digunakan untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer yanglain di internet.Situs FTP berisi buku (e-book), artikel software,  game, gambar dan semua file yang ada di komputer dapat ditransfer melalui FTP. Komputer terhubung  langsung  dengan  internet  dengan  kabel  Ethernet dapat menggunakan  software  FTP,  seperti  WS_FTP,  Cute  FTP  atau  Windows Commander untuk windows untuk lebih memudahkan pentransferan file. FTP  memungkinkan  transfer  data  lebih  cepat. FTP  sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download)  arsip file di suatu server di internet yang  mempunyai  alamat  tertentu  yang  menyediakan  berbagai  arsip (file). File tersebut memang diizinkan untuk diambil oleh penguna internet yang membutuhkan. File ini dapat berupa hasil penelitian, artikel-artikel, jurnal dan lain-lain. FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file materi situs (homepage)
sehingga dapat diakses oleh penguna dari pelosok dunia.

Mailing List
Salah  satu  keuntungan  yang  bisa  diambil  dari  internet  adalah  kesempatan  untuk  saling  berkomunikasi  satu  sama  lain  dengan  menggunakan  email. Internet adalah tempat yang sangat luas bagi komunitas diskusi dengan topik tertentu  yang  didistribusikan  melalui  email.  Suatu  wadah  untuk mengumpulkan email-email  dalam  komunitas  tertentu  adalah  dengan  cara  Mailing List atau dinamakan juga grup diskusi.

Usenet News
Usenet  news  adalah  system  diskusi  dimana  jutaan  komputer  saling  bertukar informasi  dalam  banyak  topik.  Perbedaan  utama  antara  usenet  news  dan mailing  list adalah  bahwa  usenet  messege disimpan  di  komputer  pusat (server), dan user  harus terhubung ke komputer tersebutuntuk  membaca atau mendonwloadpesan dikirim ke mailboxtiap-tiap anggota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar